Ability to pay (Kemampuan
bayar) Kemampuan bayar perusahaan merupakan suatu factor yang selalu
menjadi pertimbangan penting didalam proses berlangsungnya perundingan
perjanjian perburuhan. Ability to pay
biasanya menjadi isu controversial dan ajang tarik-menarik antara kepentingan
pengusaha dan kepentingan buruh.
Absence (ketidakhadiran)
Ketidakhadiran seorang pekerja ditempat kerja selama satu hari atau lebih pada
saat ia dijadwalkan masuk bekerja.
Absence rate (tingkat
ketidakhadiran) suatu pengukuran, biasanya dalam bentuk statistic, dimana
terdapat kehilangan waktu kerja disebabkan ketidakhadiran pekerja ditempat
kerja pada waktu yang telah ditetapkan dalam satu hari atau hari-hari
berikutnya.The bureau of Labor Statistic
Amerika Serikat menetapkan formula. dibeberapa perusahaan mengenakan formula :
Absorption pricing (penentuan harga absorbsi) Alokasi seluruh biaya; semua biaya yang
tercakup dalam penentuan harga untuk suatu produk.
Accomodation bill (rekening akomodasi) Surat
perintah membayar (bill of exchange) yang ditandatangani seseorang untuk
menyediakan akomodasi pada orang lain.
Account (akun)
(1) Dalam penjualan, akun adalah sebuah faktur. (2) Dalam periklanan, akun
adalah klien dari sebuah agen periklanan atau agen yang lain,atau suatu organisasi
yang menyediakan layanan dengan imbalan tertentu sebagai mata penghasilannya.
Account executive (eksekutif akun) seseorang eksekutif dalam sebuah agen periklanan, atau
organisasi lain semacam itu,yang bertanggung jawab memanajemeni secara
menyeluruh tuntutan-tuntutan dan kondisi yang dibutuhkan oleh setiap klien.
Acquisition (akuisisi)
pemberian perusahaan lain atau hak atas pembikinan (manufaktur) oleh suatu
perusahaan, sebagai suatu cara untuk memperluas kegiatan usaha atau
meningkatkan bagian dari pasarnya.
Added value (nilai
tambah) penigkatan dalam nilai yang diperoleh karena pemakaian suatu bahan,
komponen, atatu komoditas lain tertentu (yang meliputi tenaga kerja misalnya)
sebagai suatu masukan dalam suatu proses produksi, merakit,mengolah,mendistribusikan,
atau setiap kegiatan pemasaran yang lain.
Ad hoc Hal yang dilakukan pada waktu dan sesuai
dengan kebutuhan tertentu.
Administered prices
(Harga administrasi) Tingkatan harga yang ditentukan oleh suatu industri atau
kelompok perusahaan dalam suatu industri yang sama, yang membentuk sebuahharga
monopoli atau kartel.
Advance freight Biaya
pengangkutan (freight) yang wajib
dibayarkan sebelum barang dimuat di atas kapal.
Advertising
(periklanan) pemakaian suatu ruang yang harus dibayar, misalnya, dalam suatu
publikasi, atau pemakaian waktu yang juga harus dibayar untuk setiap penyiaran
atau penayangan radio, televisi atau bagian dari pertunjukan film.
Advertising agency (agen
periklanan) organisasi bisnis yang didirikan untuk menyediakan suatu jasa
kepada klien yang meliputi pencatatan pesanan ruang iklan, mendesain iklan dan
memproduksinya, menetapkan jadwal pemasangan iklan di media, mengatur
pelaksanaan riset, memberikan konsultasi dan setiap jasa pemasaran yang
berhubungan dengan semua layanan itu.
Advertising budget (Anggaran
periklanan) Jumlah uang yang disisihkan untuk pembelanjaan bagi suatu kampanye
periklanan.
Advertising novelty Hadiah
yang tidak terlalu mahal yang merupakan trik dalam pemasaran karena mengandung
pesan-pesan sponsor, seperti nama , merek atau logo perusahaan.
Advertising rates (Tingkatan
biaya periklanan) Biaya pokok yang diperhitungkan oleh suatu media periklanan
untuk setiap pemberian jasa atau fasilitas yang mereka sediakan.
After-sales service (Layanan
purna-jual) Jasa perbaikan, perawatan, dan sediaan suku cadang setelah
penjualan selesai dilakukan; istilah ini juga digunakan untuk menunjuk pada
kemungkinan penjualan lebih lanjut.
After sight Surat
perintah membayar yang berlaku sah
hanya setelah diterima oleh yang bersangkutan.
Agent (agen)
(1) Orang atau organisasi yang diberi wewenang langsung atau tidak langsung
untuk bertindak atas nam orang lain (pihak pertama) untuk membuat suatu
hubungan atas dasar kontrak antara pihak pertama itu dengan pihak ketiga.
Agents torts Pihak pertama sepenuhnya atau hanya sebagian
bertanggung jawab terhadap kemungkinan
pencabutan hak atau penarikan diri dari agen yang seharusnya bertindak atas
nama pihak pertama sesuai dengan ketentuan-ketentuan atau instruksi yang
diberikan kepadanya oleh pihak pertama.
Aggregate demand (permintaan
agregat) Ungkapan atau pernyataan mengenai total permintaan barang-barang dan
jasa dalam suatu ekonomi nasional, biasanya dibagi dalam kategori konsumen,
industri, pembelian umum dan ekspor.
Airway bill Istilah
ini juga dikenal sebagai Air consignment
note atau nota pengiriman udara, yaitu suatu nota atau perjanjian tertulis
yang berisi ketentuan-ketentuan berdasarkan kontrak untuk pemuatan atau
pengiriman barang melalui udarta.
Anti dumping (
Tindakan mencegah dumping dengan menyelidiki bukti-bukti kerugian yang
diakibatkan oleh dumping itu (yang tidak hanya berlaku di amerika serikat saja)
di pasar dalam negri.
Appropriation (apropriasi)
Istilah yang digunakan dalam pengiklanan produk atau jasa yang mengacu pada
jumlah total dari uang yang disediakan untuk semua bagian dari bauran
pengiklanan.
Arts sponsorship (impresario)
penggunaan iklan-iklan untuk mendukung suatu penampilan karya seni.
Asa Singkatan dari Advertising Standards
Authority.Yaitu, sebuah badn independen yang didirikan dan dibiayai oleh
industri-industri periklanan untuk memastikan bahwa sistem operasional dan
peraturannya sendiri berfungsi melayani kepentingan umum.
Attention value (nilai
perhatian) nilai untuk menentukan sejauh mana sebuah iklan dapat menjamin akan
mendapatkan perhatian awal dari pembacanya.
Audience (Audiens)
Kelompok orang yang dijadikan sasaran dari suatu media periklanan tertentu,
tetapi biasanya lebih dikaitkan dengan radio, televisi, atau pertunjukan film.
Average (Rata-rata)
Biasa atau normal; seringkali mengacu pada pengertian mengenai “nilai tengah”
atau nilai rata-rata dalam perhitungan biasa (aritmatik), yang rumusannya
adalah:
M = X1
+ X2 + X3..........Xn
n
dimana
‘m’ adalah nilai tengah.
Average revenue (Penghasilan
rata-rata) Total penghasilan yang dibagi dengan jumlah unit yang terjual.