Thursday, 25 February 2010

Business Encyclopedia (English - Indonesian) - A


Ability to pay (Kemampuan bayar) Kemampuan bayar perusahaan merupakan suatu factor yang selalu menjadi pertimbangan penting didalam proses berlangsungnya perundingan perjanjian perburuhan. Ability to pay biasanya menjadi isu controversial dan ajang tarik-menarik antara kepentingan pengusaha dan kepentingan buruh.
Absence (ketidakhadiran) Ketidakhadiran seorang pekerja ditempat kerja selama satu hari atau lebih pada saat ia dijadwalkan masuk bekerja.
Absence rate (tingkat ketidakhadiran) suatu pengukuran, biasanya dalam bentuk statistic, dimana terdapat kehilangan waktu kerja disebabkan ketidakhadiran pekerja ditempat kerja pada waktu yang telah ditetapkan dalam satu hari atau hari-hari berikutnya.The bureau of Labor Statistic Amerika Serikat menetapkan formula. dibeberapa perusahaan mengenakan formula :
Absorption pricing (penentuan harga absorbsi) Alokasi seluruh biaya; semua biaya yang tercakup dalam penentuan harga untuk suatu produk.
Accomodation bill (rekening akomodasi) Surat perintah membayar (bill of exchange) yang ditandatangani seseorang untuk menyediakan akomodasi pada orang lain.
Account (akun) (1) Dalam penjualan, akun adalah sebuah faktur. (2) Dalam periklanan, akun adalah klien dari sebuah agen periklanan atau agen yang lain,atau suatu organisasi yang menyediakan layanan dengan imbalan tertentu sebagai mata penghasilannya.
Account executive (eksekutif akun) seseorang eksekutif dalam sebuah agen periklanan, atau organisasi lain semacam itu,yang bertanggung jawab memanajemeni secara menyeluruh tuntutan-tuntutan dan kondisi yang dibutuhkan oleh setiap klien.
Acquisition (akuisisi) pemberian perusahaan lain atau hak atas pembikinan (manufaktur) oleh suatu perusahaan, sebagai suatu cara untuk memperluas kegiatan usaha atau meningkatkan bagian dari pasarnya.
Added value (nilai tambah) penigkatan dalam nilai yang diperoleh karena pemakaian suatu bahan, komponen, atatu komoditas lain tertentu (yang meliputi tenaga kerja misalnya) sebagai suatu masukan dalam suatu proses produksi, merakit,mengolah,mendistribusikan, atau setiap kegiatan pemasaran yang lain.
Ad hoc  Hal yang dilakukan pada waktu dan sesuai dengan kebutuhan tertentu.
Administered prices (Harga administrasi) Tingkatan harga yang ditentukan oleh suatu industri atau kelompok perusahaan dalam suatu industri yang sama, yang membentuk sebuahharga monopoli atau kartel.
Advance freight Biaya pengangkutan (freight) yang wajib dibayarkan sebelum barang dimuat di atas kapal.
Advertising (periklanan) pemakaian suatu ruang yang harus dibayar, misalnya, dalam suatu publikasi, atau pemakaian waktu yang juga harus dibayar untuk setiap penyiaran atau penayangan radio, televisi atau bagian dari pertunjukan film.
Advertising agency (agen periklanan) organisasi bisnis yang didirikan untuk menyediakan suatu jasa kepada klien yang meliputi pencatatan pesanan ruang iklan, mendesain iklan dan memproduksinya, menetapkan jadwal pemasangan iklan di media, mengatur pelaksanaan riset, memberikan konsultasi dan setiap jasa pemasaran yang berhubungan dengan semua layanan itu.
Advertising budget (Anggaran periklanan) Jumlah uang yang disisihkan untuk pembelanjaan bagi suatu kampanye periklanan.
Advertising novelty Hadiah yang tidak terlalu mahal yang merupakan trik dalam pemasaran karena mengandung pesan-pesan sponsor, seperti nama , merek atau logo perusahaan.
Advertising rates (Tingkatan biaya periklanan) Biaya pokok yang diperhitungkan oleh suatu media periklanan untuk setiap pemberian jasa atau fasilitas yang mereka sediakan.
After-sales service (Layanan purna-jual) Jasa perbaikan, perawatan, dan sediaan suku cadang setelah penjualan selesai dilakukan; istilah ini juga digunakan untuk menunjuk pada kemungkinan penjualan lebih lanjut.
After sight Surat perintah membayar yang berlaku sah hanya setelah diterima oleh yang bersangkutan.
Agent (agen) (1) Orang atau organisasi yang diberi wewenang langsung atau tidak langsung untuk bertindak atas nam orang lain (pihak pertama) untuk membuat suatu hubungan atas dasar kontrak antara pihak pertama itu dengan pihak ketiga.
Agents torts  Pihak pertama sepenuhnya atau hanya sebagian bertanggung jawab  terhadap kemungkinan pencabutan hak atau penarikan diri dari agen yang seharusnya bertindak atas nama pihak pertama sesuai dengan ketentuan-ketentuan atau instruksi yang diberikan kepadanya oleh pihak pertama.
Aggregate demand (permintaan agregat) Ungkapan atau pernyataan mengenai total permintaan barang-barang dan jasa dalam suatu ekonomi nasional, biasanya dibagi dalam kategori konsumen, industri, pembelian umum dan ekspor.
Airway bill Istilah ini juga dikenal sebagai Air consignment note atau nota pengiriman udara, yaitu suatu nota atau perjanjian tertulis yang berisi ketentuan-ketentuan berdasarkan kontrak untuk pemuatan atau pengiriman barang melalui udarta.
Anti dumping ( Tindakan mencegah dumping dengan menyelidiki bukti-bukti kerugian yang diakibatkan oleh dumping itu (yang tidak hanya berlaku di amerika serikat saja) di pasar dalam negri.
Appropriation (apropriasi) Istilah yang digunakan dalam pengiklanan produk atau jasa yang mengacu pada jumlah total dari uang yang disediakan untuk semua bagian dari bauran pengiklanan.
Arts sponsorship (impresario) penggunaan iklan-iklan untuk mendukung suatu penampilan karya seni.
Asa  Singkatan dari Advertising Standards Authority.Yaitu, sebuah badn independen yang didirikan dan dibiayai oleh industri-industri periklanan untuk memastikan bahwa sistem operasional dan peraturannya sendiri berfungsi melayani kepentingan umum.
Attention value (nilai perhatian) nilai untuk menentukan sejauh mana sebuah iklan dapat menjamin akan mendapatkan perhatian awal dari pembacanya.
Audience (Audiens) Kelompok orang yang dijadikan sasaran dari suatu media periklanan tertentu, tetapi biasanya lebih dikaitkan dengan radio, televisi, atau pertunjukan film.
Average (Rata-rata) Biasa atau normal; seringkali mengacu pada pengertian mengenai “nilai tengah” atau nilai rata-rata dalam perhitungan biasa (aritmatik), yang rumusannya adalah:
                                 M = X1 +  X2 + X3..........Xn
                                                    n
                                 dimana ‘m’ adalah nilai tengah.
Average revenue (Penghasilan rata-rata) Total penghasilan yang dibagi dengan jumlah unit yang terjual.